Selasa, 31 Oktober 2017

Bahasa Arab di Wilayah Afrika Utara dan Wilayah Persia (Farsi)



Bahasa Arab

 Bahasa Arab
Mengapa orang Afrika Utara berbicara bahasa Arab sejak penaklukan Islam, tapi orang-orang Iran telah mempertahankan Persia (Farsi)?
Yang lebih menarik daripada  pertanyaan terkait mengapa bahasa Arab begitu cepat diambil sebagai bahasa mereka, adalah pertanyaan mengapa bahasa Latin Afrika Utara begitu cepat dihapuskan. Itu tidak membantu orang Latin dibatasi pada hamparan tanah rendah yang relatif kecil di sepanjang pantai. Dalam sejarah, komunitas Latin di Afrika Utara ditinggalkan sepenuhnya setelah penaklukan Arab. Banyak yang melarikan diri ke pulau-pulau Mediterania, dengan yang tinggal di belakang kiri tanpa institusi agama dan budaya diperlukan untuk menjaga budaya mereka tetap hidup. Tampaknya banyak orang Kristen Latin berjalan ke pegunungan pedalaman, di mana mereka diserap oleh suku Berber yang berbicara dengan Bahasa Arab. Bahkan pegunungan, tempat perlindungan tradisional untuk budaya yang teraniaya, tidak bisa menyelamatkan bahasa Latin.

Baca juga info : kursus bahasa arab di pare

Bahasa Arab

Sedangkan untuk Berber, kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa merupakan keajaiban bahwa bahasanya masih berbicara sama sekali.  Faktanya adalah bahwa pembicara Berber tidak pernah melakukan upaya serius untuk meningkatkan status bahasa, namun secara konsisten memilih bahasa Arab untuk dokumentasi dan literatur. Masalahnya, bahasa tidak pantas berkembang. Bahasa, seperti manusia dan negara, berkembang karena memiliki nilai. Anjingmakananjing. Dan bahasa Berber sama sekali tidak cukup berharga, bahkan oleh penuturnya sendiri, agar terus berlanjut lama. Alasan mengapa Bahasa Arab masih diucapkan oleh begitu banyak orang saat ini adalah karena masyarakat Berber menempati daerah terisolasi dan bergunung-gunung. Bahasa Arab tidak bisa menembus semua wilayah Berber. Ini telah berubah seiring dengan kedatangan orang Prancis, yang telah mendesak untuk memaksa pemusnahan birokrasi di negara-negara Afrika Utara, dan dengan itu saya pikir Berber ditetapkan untuk penurunan cepat.

Baca juga info : kursus bahasa arab
 


Bahasa Arab

BahasaArab pada awalnya diperkenalkan dengan kekerasan, dan hari ini kita tidak punya pilihan selain menerima dominasi mutlak bahasa Arab, tapi saya akan membuat kasus bahwa keberhasilan bahasa Arab di atas Berber bukan karena penekanan semata. BahasaArab menguasai Berber karena fakta bahwa Orang Berber sendiri tidak menilai bahasa mereka cukup untuk mengembangkannya sebagai alternatif bahasa Arab, bahasa Islam. Ini adalah survival of the fittest.

 


Bahasa Arab

Persia berbeda dengan bahasa Latin Afrika Utara dalam arti bahwa itu jauh lebih luas, melintasi medan yang sulit. Medan yang sangat mirip dengan kawasan Afrika Utara, dengan pegunungan, padang pasir dan lembah sungai. Persia berbeda dengan Berber yang menerima Bahasa Arab . Hal ini  dalam arti bahwa penutur bahasa menilai bahasa. Bahkan pada budaya Arabo-Islam yang sangat tinggi, orang-orang Persia berpegang teguh pada Bahasa mereka dan tidak menerima Bahasa Arab, menjaga agar Persia tetap hidup sebagai bahasa lisan dan mengembangkannya sebagai bahasa sastra. Persia tumbuh subur hari ini karena para penuturnya berjuang untuk membuatnya berkembang.

 


Bahasa Arab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar